Tips Agar Anak Gemar Membaca

Jumat, 30 September 2016

Tips Agar Anak Gemar Membaca



Membiasakan anak membaca bukanlah perkara mudah, apalagi membangun minatnya untuk membaca perlu kerja keras orang tua dalam membujuknya. Membaca merupakan kegiatan yang bisa dikatakan sebagai kegiatan yang membosankan bagi anak, karena masa mereka adalah masa bermain. Setiap orang tua tentu menginginkan agar kegiatan anak dapat seimbang, bukan cuma bermain setiap saat namun perlu juga asupan pengetahuan bagi sang anak dengan bercerita ataupun membaca.

Merangsang anak agar suka membaca memerlukan beberapa cara agar minat anak perlahan tumbuh. Memberikan contoh kepada anak dengan rajin membaca adalah salah satu cara yang efektif yang harus dilakukan oleh  orang tua. Anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika orang tua mengingkan agar anaknya gemar membaca, luangkan sedikit waktu untuk selalu membaca setiap hari. Ajak perlahan dan temani anak untuk membaca buku yang ia sukai. Bicaralah hal-hal menarik yang ditemukan dari buku yang dibaca.

Berikan kesempatan pada anak untuk memilih buku yang mereka sukai. Pada umumnya, anak suka melihat buku bergambar, walaupun pada awalnya anak hanya melihat dan belum membaca, namun hal ini memberikan stimulus pada anak agar suka dengan buku. Selain itu orang tua dapat menemani anak membaca untuk memberikan penjelasan dan arahan dalam buku bacaan.

Fasilitasi anak dengan buku bacaan tokoh kegemaran mereka, misalnya anak suka dengan tokoh kartun yang ada pada televisi, lengkapi buku bacaan dengan tokoh kartun tersebut. Anak akan cepat tertarik untuk mengambil buku yang mengandung tokoh kegemaran mereka. Sesekali, orang tua juga dapat mengajak anak mereka ke toko buku untuk memilih sendiri buku bacaan yang mereka sukai.

Menjelaskan pesan-pesan dari buku bacaan dikaitkan dengan kehidupan anak. Sampaikan pesan moral yang dengan mudah dipahami anak. Hal ini dapat menamkan perilaku yang baik kepada anak dan memperluas wawasan anak dari buku bacaan.

Memberikan apresiasi dan penghargaan bagi anak ketika mereka telah suka dengan buku.  Memberikan reward kepada anak atas hasil usahanya akan menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat kepada anak, sehingga mereka akan melakukan tugasnya lebih baik lagi. Latih daya kritis anak dengan menanyakan beberapa hal seperti “cerita mana yang adik suka?”, “cerita mana yang adik tak suka?”, dengan demikian akan melatih anak untuk menyampaikan apa yang ia pahami.

Hidari memaksa anak untuk membaca buku. Paksaan kepada anak tentu memiliki dampak psikologis, walaupun secara nyata mereka mengikuti perintah orang tua untuk membaca namun secara psikis anak tertekan dan berdampak pada pandangan anak bahwa membaca buku hanya sebatas menggugurkan kewajiban atas perintah orang tuanya. Lakukan pendekatan secara perlahan, walau anak belum tertarik dengan buku jangan dipaksakan.


Beberapa langkah diatas dapat dilakukan oleh orang tua untuk membiasakan anak gemar membaca. Kebiasaan membaca sejak dini akan memberikan kemudahan bagi seorang anak ketika dewasa. Kenali apa yang menjadi kesukaan anak, kaitkan kegemaran mereka dengan buku bacaan. Menghukum anak yang belum suka membaca bukanlah solusi untuk membuat anak gemar membaca, justru hal tersebut menjadikan anak takut untuk membaca. (Admin RA Mutiara Bunda)

0 komentar :

Posting Komentar