Ciri Anak Berbakat Menjadi Musisi

Sabtu, 01 Oktober 2016

Ciri Anak Berbakat Menjadi Musisi



Setiap anak pasti memiliki kecerdasan musikal walaupun tingkatnya berbeda-beda, ada yang benar-benar berbakat, ada yang sekedar suka dan ada yang mengabaikannya. Secara tidak langsung orang tua pun sudah memperkenalkan musik kepada anaknya. Ketika anak masih dalam kandungan terkadang bunda bersenandung untuk calon bayinya, ketika anak telah lahir dan mulai berjalan bunda pun bernyanyi lagu-lagu anak. Namun tahukah orang tua bakat musik yang terpendam pada anaknya walaupun bunda selalu bernyanyi setiap saat?

Dikutip dari Dancow Parenting bahwasannya dalam jurnal Profil Kecerdasan Musik Anak Usia Dini, Amir Syamsudin Menjelaskan indikator perkembangan musik anak usia 4-6 tahun. Dalam hal ini, pentingnya perhatian orang tua dalam melihat respon sang anak terhadap nada, ritme, irama dan instrumen musik. Berikut adalah ciri anak yang berbakat dalam musik.

1.        Mengerti perbedaan kontras suara keras dan lembut
Perbedaan suara antara yang keras dan lembut akan mendapatkan respon anak saat mendengarkannya. Volume musik yang keras dapat membuat anak mengangguk-angguk, melompat-lompat, berjingkat-jingkat atau malah menutup telinga karena tidak mau mengdengar suara terlalu keras. Sedangkan jika lagu yang diputar mengalun pelan anak akan menggoyangkan badannya kekiri kanan, menggeleng pelan, dan bertepuk tangan.

2.       Bisa bernyanyi sesuai irama lagu
Sang anak memiliki kecerdasan musik yang baik ketika ia mampu menirukan lagu yang baru didengar dan menyanyikannya sesuai irama atau tanpa bantuan alat musik. Jika lupa syair maka anak menggantinya dengan “na..na..na”

3.       Senang memainkan alat musik
Ciri anak yang memiliki bakat bermain musik adalah ketika bernyanyi ia menirukan iringan tepuk tangan. Sang anak pun akan bernyanyi sambil memainkan atau memukul benda didekatnya.

4.       Senang belajar dengan iringan musik
Sang anak yang suka musik akan senang mendengarkan lagu sambil ia belajar. Ia akan ikut benyanyi ataupun sedikit menggoyangkan badannya ke kanan dan kiri.


Beberapa ciri tersebut menunjukkan bahwa anak dengan kriteria diatas akan memiliki bakat yang hebat dalam bermusik. Dalam hal ini, orang tua perlu mengetahui bakat anaknya. Jika orangtua telah mengetahui bakat anak dalam bermusik, berikan stimulus agar anak dapat mengembangkannya. Selalu berikan dukungan pada anak agar ia tetap percaya diri pada bakat yang dimilikinya. (Admin RA Mutiara Bunda)

0 komentar :

Posting Komentar