Bunda, Yuk Kenali Ciri-Ciri Anak Cerdas

Kamis, 22 September 2016

Bunda, Yuk Kenali Ciri-Ciri Anak Cerdas


Semua orang tua tentu akan bangga ketika anak mereka memiliki prestasi yang luar biasa selama di sekolah, karena kebanyakan orang tua memandang bahwa kecerdasan intelektual seorang anak baru bisa diukur ketika anak-anak mereka memasuki dunia pendidikan. Namun sebuah kecerdasan tidak hanya dapat diukur pada taraf ilmu pengetahuan, nilai dan prestasi yang diraih seorang anak selama di sekolah, karena pada umumnya masing-masing anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Dikutip dari Tempo.CO menyebutkan bahwa terdapat hasil riset Harvard University yang dilakukan oleh Thomas Amstrong, Ph.D mengenai multiple intelligences yang dimiliki seorang anak diantaranya:

1.       Word smart; kepintaran yang ditandai oleh kecendrungan anak suka membaca, menulis berbicara dan mendengarkan. Pendekatan orang tua yang sebaiknya dilakukan adalah dengan kegiatan seperti bercerita, membaca bersama atau berdialog dengan anak.

2.       Self smart; memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mengetahui cita-citanya kelak dan suka bermain sendiri. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan sering diajak berbicara mengenai perasaan dan pendapat anak dalam berbagai hal.

3.       Body Smart; suka membuat sesuatu, menyentuh, mengamati benda-benda disekitarnya. Permainan menyusun balok atau kegiatan fisik akan sangat membantu anak dalam meningkatkan kecerdasannya.

4.       Nature Smart; menyukai alam bebas, suka dengan binatang, peduli dengan lingkungan. Mengajak anak jalan-jalan ke alam bebas dapat menstimulasi jenis kecerdasan ini.

5.       Number Smart; tertarik pada angka, matematika, sains dan sesuatu yang berkaitan dengan logika. Mengajak anak mengunjungi museum dan bermain monopoli bisa menjadi pilihan orang tua untuk menstimulasi kecerdasan anak.

6.       Picture Smart; ketertarikan dengan kegiatan menggambar, suka berimajinasi, dan bermain membangun sesuatu. Menemani anak dan memberikan apresiasi terhadap hasil karyanya dapat menstimulasi kecerdasannya.

7.       Music Smart; kecendrungan anak suka bernyanyi, menggoyangkan badan mengikuti irama dan mendengarkan music. Orang tua dapat mengajak anak bernyanyi atau bermain musik untuk mengasah kecerdasan anak.

8.        People Smart; suka bermain bersama teman-temannya, memiliki empati, suka memimpin dan memahami perasaan orang lain. Tidak membatasi anak, memberikan nasihat dan selalu mengawasi kegiatan mereka dapat mendukung kecerdasan anak.


Delapan multiple intelligences tersebut tentu dimiliki oleh masing-masing anak yang berbeda. Bahkan tidak heran bila seorang anak dapat memiliki kecerdasan lebih dari satu dari delapan jenis kecerdasan diatas, nantinya akan dilihat kecendrungan mana yang lebih menonjol pada diri seorang anak. Dalam hal ini, setiap orang tua juga perlu mengetahui kecerdasan yang dimiliki oleh anaknya agar dapat mengembangkan jenis kecerdasan yang disukai oleh anak itu sendiri. (Admin RA Mutiara Bunda Official Page)

0 komentar :

Posting Komentar